Analisis Observasi | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

Analisis Observasi

Analisis Hasil Observasi Pasien
Terhadap pelayanan perawat

Pasien yang saya berikan kuisioner bernama Nurul yang berumur 19 tahun ini bertempat tinggal di Srondol Kulon. Beliau berpendidikan terakhir SLTP dan sekarang bekerja sebagai pegawai Swasta yang berpenghasilan perbulan 500 ribu -1 juta.
Beliau masuk di RSUD menggunakan pembayaran Jamsostek.

Berikut hasi dari observasi terhadap Nurul :
A. Aspek Penampilan Fisik
1. Perawat mengenakan serangan saat melayani pasien.
- Pasien merasa puas pada saat pembayaran perawat mengenakan seragam.
2. perawat berpenampilan rapi saat melayani pasien.
- pasien merasa puas karena perawat berpakaian rapi.
3. perawat berpenampilan bersih saat melayani pasien.
- pasien merasa puas apabila perawat berpenampilan bersih karena pasien berpiliran bahwa kebersihan merupakan aspek yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan.
4. Perawat mempunyai penampilan yang meyakinkan/
- Pasien merasa puas, karena penampilan yang meyakinkan merupakan kepuasan sendiri bagi pasien.

B. Aspek kemampuan / kehandalan pelayanan yang akurat.
1. Perawat mampu memberikan kesan pertama yang baik.
- pasien merasa puas, karena kesan pertama yang diberikan membuat pasien percaya terhadap perawat.
2. Perawat tidak melakukan kesalahan saat melayani pasien.
- Pasien merasa puas, karena pada pada saat pelayanan kesehatan, perawat tidak melakukan kesalahan.
3. Perawat terampil dalam melakukan tindakan keperawatan.
- pasien merasa puas, karena perawat terampil dalam melakukan tindakan keperawatan.
4. perawat menginformasikan setiap tindakan yang dilakukan.
- pasien merasa puas, karena setiap perawat yang datang untuk melakukan pelayanan kesehatan menginformasikan tindakan yang akan ia lakukan.
5. Perawat ikut bertanggung jawab atas tindakan keperawatan yang telah dilakukan kepada pasien.
- pasien merasa puas karena perawat memang ikut bertanggungjawab atas apa yang dia lakukan.
6. perawat melakukan tindakan keperawatan dengan baik.
- pasien merasa puas terhadap tindakan keperawatan yang baik.

C. Aspek Daya Tangkap
1. Perawat cepat dalam memberikan tidnakan keperawatan.
- Pasien merasa puas karena perawatan yang melakukan tindakan keperawatan cepat.
2. Perawat siap terhadap kebutuhan pasien.
- pasien merasa puas karena apabila pasien membutuhkan sesuatu maka perawat akan segera mengatasi kebutuhan tersebut.
3. Perawat tepat dalam memberikan kebutuhan pasien.
- Pasien merasa puas karena perawat tepat dalam memberikan kebutuhan pasien.
4. Perawat tanggap jika dibutuhkan oleh pasien
- pasien merasa puas karena perawat selalu tanggap dan selalu ada apabila pasien membutuhkan bantuan.

D. Aspek Jaminan
1. Pasien yakin bahwa perawat adalah orang yang bisa dipercaya dalam melakukan tindakan keperawatan.
- Pasien merasa puas karena perawat merupakan orang yang bisa dipercaya.
2. Perawat tidak bingung dalam melakukan pelayanan
- Pasien merasa tidak puas, karena selama ia membutuhkan bantuan, perawat bingung dalam melayani pasien tersebut.
3. Perawat Membuat Pasien Merasa Aman
- Pasien merasa puas, karena pasien merasakan rasa aman bersama perawat tanpa adanya dokter.
4. Perawat membuat pasien merasa tenang
- pasien merasa puas, karena perawat membuat pasien merasa tenang.
5. Perawat Sopan dengan Pasien
- pasien merasa puas, karena setiap melakukan tindakan keperawatan perawat sopan terhadap pasien.

E. Aspek Empati
1. Perawat memahami kebutuhan pasien
- pasien merasa puas, karena perawat memahami kebutuhan pasien.
2. perawat mengerti kesulitan pasien
- pasien merasa puas, karena perawat mengerti kesulitan pasien.
3. perawat tidak mengabaikan pasien
- pasien merasa puas, karena pasien merasa tidak diabaikan oleh perawat.
4. perawat memberikan perhatian penuh kepada pasien.
- pasien merasa puas, karena pasien merasa diberikan perhatian dari perawat selama melakukan tindakan keperawatan.
5. perawat tidak membedakan antara pasien yang satu dengan pasien yang lain
- Pasien merasa puas, karena pasien merasa tidak dibeda-bedakan antara pasien yang satu dengan pasien yang lainnya. Selama perawat memberikan tindakan keperawatan.

Analisis Hasil Observasi Perawat
Perawat yang saya berikan kuisioner bernama Fitria Wulandari berusia 25 tahun, ia merupakan perawat perempuan yang berpenampilan antara 1 juta – 2 juta, ia bekerja di RSUD Ungaran selama 2 tahun dengan jabatan perawat pelaksana yang ditanggung jawaban kepada Bp. Bambang. S.Kes.
Fitria Wulandari, Amd beralamat di Ungaran.

Berikut hasil Observasi bersama perawat :
1. Pelayanan yang baik untuk pasien adalah pelayanan yang cepat tanggap dan sopan, kualitas pelayanan di RSUD Ungaran adalah kualitas yang cukup baik dan mungkin pelayanan yang lebih ramah dan penanganan pasien agar lebih cepat.
2. Pasien merasa stress mungkin stres akibat dari penyakitnya sendiri dan perawat dalam memenangkannya mungkin dengan cara memberi minum dan menyuruh pasien agar mengambil nafas dalam-dalam.
3. Sebagai perawat merasakan senang, apabila pasien yang ditangani sembuh karena itu salah satu dari slogan “Kesembuhan dan kepuasan pasien adalah kebahagiaan kami”.
4. Perawat berusaha semaksimal mungkin dalam melayani pasien.
5. Fisik yang baik, sopan, dan bersih. Dokter dan perawat mengenakan seragam yang bersih dan rapi.


Share


Related Posts



0 komentar:

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template