USAHA WARALABA | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

USAHA WARALABA

ANALISIS USAHA WARALABA
INDOMART

Pendahuluan
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena dengan rahmat dan hidayahnya laporan tentang analisis usaha waralaba Indomart dapat di selesaikan dengan baik. Laporan ini di susun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan mata kuliah manajemen Pemasaran II pada UDINUS Program Manajemen Strata 1.

Dalam laporan analisis ini membahas tentang analisis terhadap jenis usaha wakalaba Indomart yang akhir-akhir ini menjadi waralaba lokal terbesar dari negri ini.
Semoga dengan tulisan yang masih terbatas ini dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin memulai dengan modal besar.

ANALISIS USAHA

Jenis Usaha : Waralaba
Nama Usaha : Indomart

A. Analisis Situasi ( SWOT )
1. Sthreght ( kekuatan )
Usaha jenis waralaba biasanya sudah banyak di kenal oleh masyarakat. Sebuah usaha sampai bisa membuka cabang pastilah usaha tersebut telah mampu meraih sukses, dan salah satunya adalah Indomart.

Meski tidak banyak melakukan promosi Indomart akan mampu menarik konsumen. Karena tidak lepas dari Induknya yang mungkin telah melakukan promosi besar-besaran dan itulah salah satu kekuatan Indomart sebagai jenis usaha waralaba.

2. Weaknesess ( kelemahan )
Sebagai pengusaha terwaralaba ( pembeli waralaba ) kita harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan pihak pewaralaba ( pemberi waralaba ), dan itu juga berlaku di Indomart. Kita tidak bebas mengatur usaha kita sendiri. Pihak pewaralaba akan menentukan tempat usaha, produk-produk, jam operasi sampai tata ruang. Maka tidak heran interior Indomart mempunyai kemiripan dan jam operasi yang sama di semua cabang. Bukan itu saja kita juga di haruskan ”membeli” nama Indomart dan membayar royalti yang telah di tetapkan pihak pewaralaba.

3. Opportunities
Dengan nama yang telah mapan maka peluang berhasil dalam usaha ini akan lebih besar. Indomart sebagai waralaba yang telah sukses bahkan menurut sebagian pengamat merupakan jenis waralaba lokal terbesar pastilah sudah mendapat tempat di hati konsumen.

4. Threats ( ancaman )
Dalam prakteknya Indomart akan berhadapan langsung dengan Alfamart, jenis usaha yang sama dengan induk berbeda yang juga mulai menuai sukses. Belum lagi Minimarket-minimarket milik perseorangan maupun kelompok yang mungkin saja berada di sekitar lokasi usaha. Namun menurut data-data Indomart terbukti mampu mengungguli para pesaingnya.

B. Analisis STP
1. Segmentasi
Dengan harganya yangrelatif lebih lebih murah dari harga pasar yang jenis produknya yang mempunyai harga terjangkau, Indomart mengajar konsumen kalangan ekonomi menengah ke bawah. Meski tidak menutup kemungkinan kalangan ekonomi atas juga menjadi pelanggan Indomart, karena mungkin saja letak lokasinya yang dekat dengan tempat tinggal ataupun dengan alasan lain.

2. Target
Indomart mentargetkan semua kalangan. Karena Indomart menawarkan beberapa keb utuhan mulai dari keperluan bayi, anak, dewasa sampai oang tua Indomart juga menyediakan kebutuhan rumah tangga. Dan bagi konsumen yang ingin belanja praktis tidak perlu jauh-jauh ke Supermarket, karena Indomart biasanya terletak tidak jauh dari perumahan.

3. Posisi
Meski dikelilingi banyak pesaing mulai dari Minimarket perseorangan maupun kelompok, waralaba sejenis, sampai Supermarket yang terlebih dulu eksis namun Indomart kemungkinan besar telah memiliki tempat di benak konsumen, sehingga mampu bersaing dengan yang lain.


Share



Related Posts



0 komentar:

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template