Hikmah Thaharah | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

Hikmah Thaharah



a. Hikmah diwajibkan wudu dan mandi;
— Agar manusia terbebas dari kotoran dan daki (kotoran yang menempel di kulit ), ketika hendak melaksanakan ibadah.
— Agar tidak mengganggu sesama ketika beribadah bersama, misalkan dengan badan dan pakaian yang kotor lagi berbau orang lain merasa jijik dan dapat mengganggu kekhusyu’an ibadah orang lain.

b. Hikmah lain dalam mandi besar;
— Manusia memiliki dua nafsu ; nafsu hewani dan nafsu malaki. Ketika seseorang melakukan persetubuhan, jiwa malaki tersiksa dalam badan yang najis, menanggung sakit karena janabat. Kalau sudah mandi janabat, jiwa malaki akan menjadi tenang kembali dan hilanglah apa yang dibenci oleh manusia.
— Mandi dengan air bersih, dapat menyemangatkan badan dan menghilangkan kemalasan sehingga dapat melaksanakan kewajiban maupun tugas lain dengan senang, semangat akan membangkitkan ketenangan hati dan keikhlasan kerja.
— Perempuan yang mandi setelah haid, dapat membangkitkan rasa semangat dan kesiapan untuk mengundang yang diinginkan setiap orang. Bagi perempuan yang belum bersuami, mandi dapat membangkitkan gairah dan menghilangkan kemalasan.
— Perempuan yang mandi sehabis nifas, menghilangkan kotoran badan serta bau yang tak sedap. Ini semua adalah kebersihan lahir.
Adapun kebersihan batin berupa; keihklasan hati tanpa ada sifat kesombongan, irihati, dengki, ujub dan sifat tercela yang merusak akhlaq.

Rasul SAW bersabda;
“Kebersihan sebagian dari iman"
Kebersihan disini maksudnya adalah kebersihan maknawi, karena manusia memiliki sifat-sifat tercela tersebut maka bisa melemahkan iman itu sendiri, akan tetapi bila batinnya terbebas dari sifat-sifat tersebut, ruhnya bersih dan jiwanya suci, maka imannya akan sempurna.


Share

Related Posts



0 komentar:

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template