PEMBELAJARAN METODE TEMATIK PENDAHULUAN | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

PEMBELAJARAN METODE TEMATIK PENDAHULUAN

Pembelajaran Metode Tematik

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan berencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dari berbagai aspek potensi peserta didik yang harus ditumbuh kembangkan melalui dunia pendidikan sebagaimana dikemukakan di atas, salah satunya adalah aspek kecerdasan peserta didik.

Aspek ini tidak kalah pentingnya dengan aspek-aspek yang lainnya yang harus ditumbuh kembangkan. Salah satu alasannya, karena masa depan bangsa berada di tangan anak-anak yang cerdas. Hal ini sejalan dengan yang diamanatkan oleh para pendiri Republik sebagaimana halnya dalam Pembukaan UUD 1945 merumuskan bahwa salah satu tujuan mendirikan negara bangsa yang merdeka adalah “mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Terkait dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, menurut Muhaimin (2000) diperlukan adanya upaya penyelenggaraan satu sistem pengajaran nasional yang secara sungguh-sungguh berusaha memfungsikan kecerdasan (intelligence) secara optimal baik intellectual/rational intelligence, emotional intelligence, dan spiritual intelligence.

Dengan memfungsikan kecerdasan-kecerdasan tersebut secara optimal selama proses pembelajaran, itu merupakan upaya untuk mencapai kualitas pendidikan yang tinggi. Upaya peningkatan kualitas pendidikan tidak dapat berhasil dengan maksimal tanpa didukung adanya peningkatan kualitas pembelajaran. Peluang yang dibawa KBK yang memberikan keleluasaan kepada guru sebagai pengembang kurikulum dalam tatanan kelas juga belum dapat dimanfaatkan secara optimal, karena keterbatasan kemampuan guru. Keterbatasan kemampuan guru ini berdampak pada munculnya sikap intuitif dan spekulatif dalam menggunakan strategi pembelajaran. Kondisi ini berakibat pada rendahnya mutu proses pembelajaran yang bermuara pada rendahnya mutu hasil belajar.

B. Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah yang telah dipaparkan di atas, maka yang menjadi permasalahan dalam makalah ini adalah:
a. Pengertian Pembelajaran metode Tematik
b. Arti Penting Pembelajaran metode Tematik
c. Ciri dan Manfaat Pembelajaran metode Tematik
d. Landasan Pembelajaran metode Tematik
e. Karakteristik Pembelajaran metode Tematik


C. Tujuan Penulisan
Secara umum tujuan penulisan makalah ini adalah :
a. Untuk mengetahui pengertian dari pembelajaran Metode Tematik
b. Untuk memahami ciri-ciri penting pembelajaran metode tematik
c. Mengetahui cciri dan manfaat pembelajaran metode tematik
d. Memahami landasan pembelajaran metode tematik
e. Memahami karakteristik pembelajaran metode tematik



Share


Related Posts



0 komentar:

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template