download makalah, skripsi, tesis dll. | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

download makalah, skripsi, tesis dll.

download makalah, skripsi, tesis dll.


TESIS PTK PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SD X

Posted: 16 Oct 2010 10:23 PM PDT


(KODE PTK-0015X) : TESIS PTK PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SD X (MATA PELAJARAN : MATEMATIKA)




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Saat ini kita akan memasuki milenium ketiga yang sudah di depan pintu. Era ini ditandai oleh berbagai perubahan yang cepat terjadi dan sering tidak diantisipasi sebelumnya. Era globalisasi menjadikan kita terekspos oleh berbagai kejadian dan tuntutan kondisi yang dipersyaratkan di masa yang akan datang. Secara arif perlu dilakukan refleksi terhadap cara kita melengkapi diri dalam memenuhi tuntutan tersebut. Berbagai perubahan tersebut dikomunikasikan melalui informasi dengan berbagai media seperti komputer, data base dan jaringan informasi canggih yang beraneka ragam. Semakin lama semakin canggih informasi yang harus disampaikan ke pamakainya. Apabila kita tidak ingin terpelanting dalam era global tersebut, maka perlengkapan manusia harus disertai upaya belajar. Sementara itu belajar merupakan kebutuhan hidup yang self generating yang mengupayakan dirinya sendiri, karena sejak lahir manusia memiliki dorongan melangsungkan hidup dan menuju tujuan tertentu.
Hal tersebut tentu saja karena ikhtiar untuk melangsungkan hidup bersumber dari dirinya, selain juga karena sebagai makhluk sosial ia harus mempertahankan hidup. Demikian juga dorongan esensial dalam diri manusia, yaitu dorongan untuk tumbuh berkembang dan dorongan untuk mempertahankan diri menjelaskan alasan manusia itu belajar. Dengan belajar kualitas sumber daya manusia menjadi meningkat.
Dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) anak merupakan sasaran prioritas pembangunan. Oleh karena itu anak-anak harus dipersiapkan dengan baik untuk melanjutkan hidup mereka. Adapun persiapan itu dilakukan melalui pendidikan. Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan guru agar siswa dapat mencapai tujuan tertentu.
Meningkatkan mutu pendidikan adalah menjadi tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam pendidikan terutama bagi guru SD, yang merupakan ujung tombak dalam pendidikan dasar. Guru SD adalah orang yang paling berperan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat bersaing di jaman perkembangan teknologi. Guru SD dalam setiap pembelajaran selalu menggunakan pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi yang diajarkannya.
Menurut pengamatan penulis, dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas penggunaan model pembelajaran yang bervariatif masih sangat rendah dan guru cenderung menggunakan model konvesional pada setiap pembelajaran yang dilakukannya. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya penguasaan guru terhadap model-model pembelajaran yang ada. Padahal penguasaan terhadap model-model pembelajaran sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru. Untuk menjadi guru yang profesional menurut Sardiman A.M. (2007: 132) tidak hanya dengan modal ijazah, tetapi harus ditambah dengan kemampuan-kemampuan teknis operasional serta persepsi-persepsi filosofis, terutama yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan berinteraksi dengan pihak yang lain.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diberlakukan di sekolah dasar bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan cerdas sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini hanya dapat tercapai apabila proses pembelajaran yang berlangsung mampu mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa. Disamping itu kurikulum tingkat satuan pendidikan memberi kemudahan kepada guru dalam menyajikan pengalaman belajar, sesuai dengan prinsip belajar sepanjang hidup yang mengacu pada empat pilar pendidikan universal, yaitu belajar untuk mengetahui (learning to know), belajar dengan melakukan (learning to do), belajar untuk hidup dalam kebersamaan (learning to live together), dan belajar menjadi diri sendiri (learning to be).
Untuk itu guru perlu meningkatkan mutu pembelajarannya, dimulai dengan rancangan pembelajaran yang baik dengan memperhatikan tujuan, karakteristik siswa, materi yang diajarkan, dan sumber belajar yang tersedia. Kenyataannya masih banyak ditemui proses pembelajaran yang kurang berkualitas, tidak efisien dan kurang mempunyai daya tarik, bahkan cenderung membosankan, sehingga hasil belajar yang dicapai tidak optimal.
Rendahnya perolehan hasil belajar menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas. Untuk mengetahui mengapa prestasi siswa tidak seperti yang diharapkan, tentu guru perlu merefleksi diri untuk dapat mengetahui faktor-faktor penyebab ketidakberhasilan siswa dalam pembelajaran. Sebagai guru yang baik dan profesional, permasalahan ini tentu perlu ditanggulangi dengan segera. Hal ini sesuai dengan pendapat Soetarno Joyoatmojo (2003: 22) bahwa kemampuan guru dalam memotivasi peserta didik untuk memperoleh sesuatu yang terbaik dari proses belajar yang dijalaninya merupakan hal yang sangat mendasar.
Penelitian ini merupakan suatu proses belajar yang sistematik, artinya kegiatan ini memerlukan kemampuan dan ketrampilan. Orientasi penelitian ini adalah perbaikan pendidikan dengan melakukan perubahan-perubahan dalam mengajar, karena itu kesiapan guru untuk berubah merupakan syarat penting yang sedang dihadapi guru sehingga diperlukan sebuah metode pembelajaran yang efektif. Hal ini sesuai dengan pernyataan Maria Montessori (2008: 4) bahwa pendidikan harus dipahami sebagai upaya pertolongan untuk menyingkap kekuatan psikis alami siswa. Hal ini berarti bahwa kita tidak dapat menerapkan metode pembelajaran ortodoks yang bergantung pada ucapan. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang efektif sangat dibutuhkan. Dalam penelitian ini metode efektif yang dipilih adalah pendekatan pembelajaran tematik. Pendekatan pembelajaran tematik diyakini sebagai pendekatan yang berorientasi pada praktek pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Pembelajaran tematik secara efektif akan membantu menciptakan kesempatan yang luas bagi siswa untuk melihat dan membangun konsep-konsep yang saling berkaitan. Dengan demikian pembelajaran tematik memberi kesempatan pada siswa untuk memahami masalah yang komplek dengan cara pandang yang utuh. Dengan pembelajaran tematik ini diharapkan siswa memiliki kemampuan mengidentifikasi, mengumpulkan, menilai, dan menggunakan informasi yang ada disekitarnya secara bermakna.
Belajar bermakna (meaningfull learning) merupakan suatu proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Kebermaknaan belajar sebagai hasil dari peristiwa mengajar ditandai oleh terjadinya hubungan antara aspek-aspek, konsep-konsep, informasi atau situasi baru dengan komponen-komponen yang relevan di dalam struktur kognitif siswa. Proses belajar tidak sekadar menghafal konsep-konsep atau fakta-fakta belaka, tetapi merupakan kegiatan menghubungkan konsep-konsep untuk menghasilkan pemahaman yang utuh, sehingga konsep yang dipelajari akan dipahami secara baik dan tidak mudah dilupakan. Dengan demikian, agar terjadi belajar bermakna maka guru harus selalu berusaha mengetahui dan menggali konsep-konsep yang telah dimiliki siswa dan membantu memadukannya secara harmonis konsep-konsep tersebut dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan. Dengan kata lain, belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak indera daripada hanya mendengarkan orang atau guru menjelaskan.
Siswa yang berada di sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung.
Pendekatan pembelajaran tematik sudah dilakukan oleh beberapa sekolah, termasuk di SD X tetapi hasil yang dicapai belum optimal terutama pada mata pelajaran Matemetika. Hal ini yang menarik perhatian peneliti untuk mengadakan penelitian tindakan kelas tentang pendekatan pembelajaran tematik di sekolah terutama di SD X. Dengan menguasai konsep-konsep pembelajaran tematik di Sekolah Dasar, guru kelas bawah (kelas I, II, dan III) diharapkan akan mempunyai ketrampilan untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan lebih efektif.
Dimulai dari kondisi tersebut diperlukan penelitian mengenai pendekatan pembelajaran tematik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Tinggi rendahnya kualitas pembelajaran merupakan hasil dari sebuah proses yaitu proses kegiatan belajar mengajar. Di samping itu, kualitas pembelajaran juga dipengaruhi oleh kondisi orang-orang yang terlibat dalam proses tersebut serta cara mereka bekerjasama. Kualitas perlu diperlakukan sebagai dimensi kriteria yang berfungsi sebagai tolak ukur dalam kegiatan pengembangan profesi baik yang berkaitan dengan usaha penyelenggaraan lembaga pendidikan maupun kegiatan pembelajaran di kelas. Hal ini diperlukan karena suatu bangsa akan mampu bersaing dalam percaturan internasional jika bangsa tersebut memiliki keunggulan (excellence) yang diakui oleh bangsa lain.
Selanjutnya prestasi belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang berupa pengetahuan dan pengalaman baru yang diperoleh melalui proses interaktif dalam pembelajaran antara siswa dengan lingkungannya dan dapat diukur langsung dengan tes dan hasilnya dianalisis secara statistik.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti merumuskan penelitian ini dengan judul "Peneranan Pendekatan Pembelajaran Tematik Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SD X".

B. Identifikasi Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang yang telah diuraikan di atas maka dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut:
1. Meskipun pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sudah berlangsung mulai tahun 2006 namun ternyata masih banyak pendidik dan masyarakat yang kurang memahami tentang KTSP maupun implementasinya di sekolah, khususnya dalam pengembangan model pembelajaran yang efektif dalam suatu satuan pendidikan.
2. Penerapan pendekatan tematik tidak hanya menyatukan beberapa indikator dalam satu tema, tetapi juga merancang semua aspek yang terlibat dalam proses pembelajaran di kelas.
3. Dalam mata pelajaran Matematika siswa kelas IID SD X dituntut menguasai salah satu standar kompetensi yaitu menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah melalui pendekatan pembelajaran tematik yang memperhatikan semua aspek dari siswa dan dilakukan secara berkesinambungan dan berkala.
4. Hasil tes kemampuan awal diperoleh data 8 siswa dari 24 siswa kelas IID SD X belum mencapai KKM.

C. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini difokuskan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran tematik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar?
2. Bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar di Sekolah Dasar?

D. Tujuan Penelitian
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran tematik di Kelas II SD X.
Tujuan khusus penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan pembelajaran tematik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar.
2. Untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar di Sekolah Dasar.

E. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik dari segi teoritis maupun segi praktis. Adapun manfaat-manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Manfaat Toeritis
a. Membantu guru menghasilkan pengetahuan yang baru dan sahih serta relevan sebagai upaya untuk memperbaiki cara mengajar di Sekolah Dasar.
b. Sebagai dasar untuk mengadakan penelitian lebih lanjut.
2. Manfaat praktis
a. Sebagai acuan dalam melaksanakan proses belajar mengajar di Sekolah Dasar.
b. Sebagai masukan guna memperbaiki proses pembelajaran yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan daya serap akhir pembelajaran.
c. Mengetahui sejauh mana keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar di Sekolah Dasar.
d. Mengetahui kekurangan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar sehingga dapat memperbaiki kekurangan tersebut dan pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajarannya.

TESIS PTK UPAYA PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MEMBUAT DOKUMEN PENGOLAH ANGKA DENGAN VARIASI TEKS, TABEL, GRAFIK, GAMBAR DAN DIAGRAM MELALUI MODEL PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO

Posted: 16 Oct 2010 10:22 PM PDT


(KODE PTK-0014X) : TESIS PTK UPAYA PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR MEMBUAT DOKUMEN PENGOLAH ANGKA DENGAN VARIASI TEKS, TABEL, GRAFIK, GAMBAR DAN DIAGRAM MELALUI MODEL PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO (MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI)




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Pengimplementasian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menurut Widyaiswara (2006:2) diharapkan mampu membekali para siswa dengan kompetensi multidimensial mental, intelektual, emosional, spriritual (multi intellegence) secara berkualitas. Di samping itu dengan pembekalan kompetensi berfikir kritis, kreatif, inovatif, serta memecahkan masalah akan menjadi fondasi yang kuat dalam melakukan discovery / inkuiri sebagai awal penguasaan cara belajar, belajar bagaimana berfikir dan belajar sepanjang hayat Dasim Budimansyah (2002:106) pada akhir suatu program pendidikan, pengajaran ataupun pelatihan pada umumnya diadakan penilaian. Tujuannya tiada lain untuk mengetahui apakah suatu program pendidikan, pengajaran, ataupun pelatihan tersebut telah dikuasai oleh pesertanya atau belum. Angka atau nilai tertentu bisanya dijadikan patokan (passing grade) untuk menentukan penguasaan program tersebut. Jika dianggap telah menguasai maka ia dinyatakan lulus, sebaliknya jika dianggap belum menguasai maka ia dinyatakan tidak lulus. Lebih lanjut Dasim Budimansyah (2002:106) mengatakan penilaian itu pada hakekatnya tidak dilakukan sesaat, tetapi harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Penilaian bukan hanya menaksir sesuatu secara parsial, melainkan harus menaksir sesuatu secara menyeluruh yang meliputi proses, hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dicapai warga belajar.
Dengan demikian untuk menetapkan seorang siswa tidak lulus ujian itu bukan hanya dari hasil sesaat, misalnya hanya diambil dari nilai ujian akhir. Sebab bisa saja terjadi seseorang yang pada saat ujian akhir sedang terganggu kesehatannya, sehingga ia tidak bisa berkonsentrasi dalam menjawab soal-soal ujian, dinyatakan gagal padahal dalam kesehariannya ia termasuk siswa yang pandai. Atau dapat juga terjadi sebaliknya, karena mendapat kesempatan menyontek, seseorang dapat lulus ujian akhir, padahal dalam kesehariannya ia termasuk siswa yang amat malas.
Istilah penilaian atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah evaluation atau assessment, bukan merupakan istilah baru bagi insan yang bergerak pada lapangan pendidikan dan pengajaran. Samsi Haryanto (2003:4) dalam pelaksanaan program jenis apapun, kegiatan evaluasi merupakan satu kegiatan yang penting atau bahkan pokok, setidaknya sama penting atau sama pokoknya dengan kegiatan lainnya. Oleh sebab itu, tidak boleh diabaikan, apalagi ditinggalkan. Namun sayang, tidak semua orang (pelaksana program) menyadari hal itu. Akibatnya kegiatan evaluasi terabaikan atau tersepelekan.
Menurut Asmawi Zaenul dkk (2001:8) penilaian adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik menggunakan instrumen tes maupun non-tes. Jadi maksud dari penilaian adalah memberi nilai tentang kualitas sesuatu. Tidak hanya sekedar mencari jawaban terhadap pertanyaan tentang apa, tetapi lebih diarahkan kepada menjawab pertanyaan bagaimana atau seberapa jauh sesuatu proses atau suatu hasil yang diperoleh seseorang atau suatu program. Senada dengan Barbara B. Seels & Rita C. Richey penilaian adalah proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar.
Sampai saat ini pelaksanaan penilaian, khususnya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi masih menggunakan penilaian konvensional, artinya penilaian dilakukan hanya untuk mengukur kemampuan kognitif melalui ulangan harian (tes formatif), ulangan akhir periode (tes sumatif) dan latihan dengan memanfaatkan media LKS. Dengan system penilaian seperti itu pelaksanaan penilaian terhadap siswa dilakukan sesaat dan parsial.
Dipandang dari sudut disiplin ilmu dan metode, mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi menempati posisi yang strategis. Dalam mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tahun XXXX/XXXX ini siswa kelas XI.IPS.1 semester genap (2) SMA Negeri X Kabupaten X diharapkan menguasai salah satu kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram.
Berdasarkan hasil tes kemampuan awal mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI semester genap standar kompetensi menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi, kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram diperoleh data sebanyak 21 siswa dari jumlah keseluruhan 45 siswa kelas XI.IPS.1 (atau 47 %) Semester Genap Tahun Pelajaran XXXX/XXXX di SMA Negeri X Kabupaten X belum memiliki kompetensi dasar tersebut.
Setelah timbul masalah seperti itu, peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat sesama guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, yaitu berbincang-bincang untuk mengetahui sebab-sebab apa yang menimbulkan masalah tersebut. Dari hasil perbincangan yang didukung dengan pengamatan dan wawancara dengan siswa kelas XI.IPS.1 SMA Negeri X Kabupaten X diperoleh keputusan bersama ialah:
a. Ketersediaan jam mata pelajaran Teknologi Informasi Komunikasi hanya 2 jam X 45 menit seminggu dirasa masih kurang, mengingat mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih menekankan aspek ketrampilan.
b. Sarana pendukung berupa komputer/laptob tidak dimiliki siswa di rumah, sehingga para siswa hanya tergantung alat yang ada di laboratorium komputer di SMA X kabupaten X sesuai jam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
c. Perilaku belajar siswa yang kurang baik, karena sering tidak memanfaatkan waktu yang tersedia untuk belajar dan berlatih, baik saat berada di laboratorium komputer maupun di rumah.
d. Pengamatan yang dilakukan peneliti dan kolaborator, diperoleh informasi bahwa siswa kelas XI.IPS.1 paling banyak tidak masuk sekolah tanpa keterangan, siswa terlambat datang/masuk sekolah cukup banyak, siswa sering rame sendiri pada saat jam pelajaran.
e. Para siswa sering tidak menyelesaikan tugas-tugas terstruktur tepat pada waktu yang ditentukan.
f. Keterlibatan siswa dalam kegiatan di luar sekolah yang menunjang kegiatan belajar sangat kurang.
g. Penilaian yang dilakukan oleh guru hanya menggunakan tes obyektif yang hanya untuk mengukur kemampuan kognitif melalui ulangan harian (tes formatif), ulangan akhir periode (tes sumatif) dan latihan dengan memanfaatkan media LKS. Dengan system penilaian seperti itu pelaksanaan penilaian terhadap siswa dilakukan sesaat dan parsial.
Hasil perbincangan dengan teman sejawat dapat disimpulkan bahwa kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh siswa itu dalam kemampuan aspek ketrampilan, maka tidak tepat bila hasil belajar siswa hanya menggunakan tes obyektif. Keadaan yang demikian ini bila dibiarkan dapat terjadi siswa yang kesehariannya pandai tetapi karena pada saat mengikuti tes sedang terganggu kesehatannya, ia tidak bisa berkonsentrasi dalam menjawab soal-soal ujian dinyatakan gagal, sebaliknya siswa yang kesehariannya termasuk siswa yang amat malas tetapi mendapat kesempatan menyontek malah bisa dnyatakan lulus atau kompeten.
Oleh karena itu dengan menyadari adanya berbagai kelemahan pelaksanaan penilaian yang dilakukan sesaat dan parsial tersebut, peneliti dan teman sejawat sepakat perlu dikembangkan sistem penilaian yang lebih komprehensif yang mempertimbangkan segala aspek dari peserta didik dan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Misalnya untuk menentukan nilai rapor siswa, seorang guru menyimpulkannya dari rata-rata ulangan harian, ulangan umum, tugas-tugas terstruktur, catatan perilaku harian siswa (annecdotal record), dan laporan kegiatan siswa di luar sekolah yang menunjang kegiatan belajar.
Berdasar hasil tes kemampuan awal yang dilakukan oleh peneliti diperoleh data 47 % siswa tidak mencapai KKM dan hasil perbincangan dengan teman sejawat diperoleh faktor-faktor penyebabnya, akhirnya peneliti dan teman sejawat memperoleh jalan keluar dengan cara menggunakan model penilian berbasis portofolio.
Masalah tersebut diatas merupakan masalah yang mendesak untuk segera diatasi. Model penilaian berbasis portofolio diprediksi dapat digunakan untuk melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa secara komprehensif terhadap segala aspek peserta didik yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Menurut Eric Digest (2000), "Portofolios are used in various professions together typical...; art students assamble a portfolio for an art class..". Portofolio merupakan kumpulan hasil karya siswa sebagai hasil belajarnya. Portofolio, selain sangat bermanfaat dalam memberikan informasi mengenai kemampuan dan pemahaman siswa serta memberikan gambaran mengenai sikap dan minat siswa terhadap pelajaran yang diberikan, juga dapat menunjukkan pencapaian atau peningkatan yang diperoleh siswa dari proses pembelajaran (Stiggins, 1994: 20).
Penerapan model penilaian berbasis portofolio juga diprediksi lebih efektif diterapkan pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dikembangkan sebagai suatu pengetahuan ilmiah yang dinamis dengan pengembangan teori dan praktek yang didasarkan pada perkembangan ilmu dan teknologi yang setiap waktu selalu berkembang. Teknologi Informasi dan Komunikasi pada dasarnya adalah pengetahuan tentang perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan faktor manusia (brainware) sebagai komponen-komponen utama pada proses kerja komputer.
Dari uraian tersebut diatas ditegaskan bahwa prestasi belajar berkaitan dengan kualitas proses pembelajaran dan penilaian yang diselenggarakan. Berdasarkan analisis ini maka peneliti dan teman sejawat terdorong untuk menemukan cara mengatasi adanya berbagai kelemahan pelaksanaan penilaian dengan terapi penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) tentang upaya pencapaian kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram melalui model penilaian berbasis portofolio.
Pelaksanaan penelitian tindakan kelas diawali dengan perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan melakukan refleksi (reflecting), dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan).
Menurut Dasim Budimansyah (2002:106) Indikator model penilaian berbasis portofolio bersumber dari catatan dan dokumentasi pengalaman belajar siswa yang meliputi: 1) Hasil ulangan harian; 2) Tugas-tugas terstruktur; 3) Catatan perilaku harian; 4) Laporan kegiatan siswa.
Siswa dikatakan berhasil mencapai kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI semester genap tahun pelajaran XXXX/XXXX di SMA Negeri X Kabupaten X apabila rata-rata hasil ulangan harian mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65 (enam puluh lima), tugas-tugas terstruktur dikerjakan sesuai target waktu yang ditentukan, perilaku harian siswa sangat mendukung tercapainya kompetetensi dasar dan aktif mengikuti kegiatan di luar sekolah yang menunjang kegiatan belajar.
Dengan penelitian tindakan kelas guru akan memperoleh manfaat praktis, yaitu ia dapat mengetahui secara jelas masalah-masalah yang ada di kelasnya, dan bagaimana cara mengatasi masalah itu (Modul Pelatihan Terintegrasi, PTK 2004:6). Senada dengan itu menurut Supardi (XXXX:102) dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pendidik dapat memperbaiki praktek-praktek pembelajaran dan penilaian sehingga lebih efektif.

B. Identifikasi Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang yang telah diuraikan dimuka, maka dapat diidentifikasi beberapa masalah sebagai berikut:
1. Meskipun pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sudah berlangsung mulai tahun 2006 namun ternyata masih banyak pendidik dan masyarakat yang kurang memahami tentang KTSP maupun implementasinya di sekolah, khususnya dalam pengembangan model pembelajaran dan penilaian yang efektif dalam suatu satuan pendidikan.
2. Penilaian bukan hanya menaksir sesuatu secara parsial, melainkan harus menaksir sesuatu secara menyeluruh yang meliputi proses, hasil pertumbuhan dan perkembangan wawasan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dicapai warga belajar.
3. Dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XI.IPS.1 SMA Negeri X Kabupaten X semester genap (2) tahun pelajaran XXXX/XXXX dituntut menguasai salah satu kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram melalui sistem penilaian yang lebih komprehensif yang mempertimbangkan segala aspek dari siswa dan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.
4. Hasil tes kemampuan awal diperoleh data 21 siswa dari jumlah 45 siswa (47 %) kelas XI.IPS.1 SMA Negeri X Kabupaten X belum mencapai Kompetensi Dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram.

C. Perumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang masalah dan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas, masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: " Apakah dengan menggunakan model penilaian berbasis portofolio akan dapat meningkatkan pencapaian kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram siswa kelas XI.IPS.1 semester genap di SMA Negeri X Kabupaten X tahun pelajaran XXXX/XXXX mencapai hasil belajar maksimal atau tingkat pencapaian kompetensi penuh mencapai nilai Kritetia Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65 (enam puluh lima) secara klasikal 100% dari jumlah siswa keseluruhan?"

D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah di atas, dapat disampaikan tujuan penelitian, yaitu: "Untuk meningkatkan pencapaian kompetensi dasar membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar dan diagram siswa kelas XI.IPS.1 semester genap di SMA Negeri X Kabupaten X tahun pelajaran XXXX/XXXX mencapai hasil belajar maksimal atau tingkat pencapaian kompetensi penuh mencapai nilai Kritetia Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65 (enam puluh lima) secara klasikal 100% dari jumlah siswa keseluruhan melalui model penilaian berbasis portofolio"

E. Manfaat Penelitian
1. Manfaat secara teoritis Hasil penelitian secara teoritis diharapkan dapat bermanfaat untuk:
a. Melengkapi teori-toeri penilaian yang menunjang mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi.
b. Dipakai guru sebagai landasan konseptual pemahaman materi tentang penilaian.
c. Dipakai guru sebagai landasan dalam pelaksanaan penilaian yang komprehensif secara berkala dan berkesinambungan.
2. Manfaat secara praktis
a. Siswa
Dapat memberikan penilaian kepada siswa yang komprehensif secara berkala dan berkesinambungan.
b. Guru
Dapat memberikan manfaat bagi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA untuk memperluas pengetahuan dan pemahamannya terhadap penilaian yang komprehensif secara berkala dan berkesinambungan.
c. Peneliti
Dapat memberikan temuan yang akurat tentang model penilaian mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI.IPS.1 Semester Genap di SMA Negeri X Kabupaten X dan dapat menerapkan model penilaian berbasis portofolio.
d. Lembaga Pembinaan Pendidikan Menengah.
Dapat memberikan umpan balik dan ditindaklanjuti oleh lembaga-lembaga terkait dalam pembinaan dan pengembangan pendidikan menengah.

TESIS PTK PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PQ4R UNTUKK PENINGKATAN MINAT BACA AL-QUR’AN DAN PRESTASI SISWA DI SMPN X

Posted: 16 Oct 2010 10:20 PM PDT


(KODE PTK-0013X) : TESIS PTK PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PQ4R UNTUKK PENINGKATAN MINAT BACA AL-QUR'AN DAN PRESTASI SISWA DI SMPN X (MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Pemenuhan terhadap pendidikan keagamaan berbarengan perubahan pola pikir dan pola hidup masyarakat yang membutuhkan kemampuan beradaptasi yang cepat untuk menghimpun informasi baru yang dibutuhkan sebagai peningkatan nilai-nilai sosial dan perilaku siswa sehingga siswa mampu mengenali perkembangan kehidupan dan pesatnya pengetahuan dengan cermat dan dewasa.
Pendidikan Islam memiliki penegasan yang jelas antara Haq dan Bathil, sehingga dapat dijadikan pedoman dan penghayatan nilai-nilai budi pekerti yang luhur dan menjauhkan manusia dari sikap buruk yang terdapat dalam diri setiap manusia. Pendidikan Islam memberikan motivasi yang positif agar dapat memberikan yang terbaik serta meningkatkan kualitas hidup manusia menjadi makhluk yang bermartabat.
Inti dari Pendidikan Islam yaitu peningkatan keyakinan diri bahwa manusia memiliki kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah SWT yaitu beribadah. Jangkauan ibadah dalam Pendidikan Islam sangat luas, bukan hanya ibadah mahdzoh melainkan juga segala bentu kegiatan hidup manusia secara keseluruhan yang telah diniatkan untuk mencari keridhoan Nya semata. Ganjaran dan hukuman dalam pendidikan Islam bergantung pada individu masing-masing yang diberi kebebasan untuk memilih jalan hidupnya sendiri.
Pemunculan kreativitas guru sebagai ujung tombak kebangkitan kembali harkat dan martabat bangsa yang sedang terpuruk. Perlunya kesadaran bersama dari segala unsur elemen masyarakat untuk mengidentifikasi bahwa pendidikan khususnya pendidikan moral dan keagamaan adalah satu-satunya jalan untuk melakukan penyelamatan bangsa Indonesia saat ini. Kebangkitan ini akan sangat sulit untuk dilakukan secara sendiri-sendiri karena begitu banyak masalah yang yang berlarut-larut masih belum terselesaikan.
Pendidikan adalah perilaku sadar yang dilakukan dengan terarah yang memiliki dasar dan ketentuan tertentu yang bertujuan untuk membentuk siswa menjadi individu yang memiliki kematangan intelektual, sosial dan moralnya sehingga siswa memiliki kepribadian yang baik bagi dirinya sendiri dan memberikan manfaat bagi orang lain. Untuk memenuhi tujuan tersebut diperlukan perangkat lengkap yang mampu melakukan perubahan pada diri siswa. Baik kesiapan sekolah maupun dari dirinya sendiri dalam mengikuti pembelajaran. Guru memerlukan strategi-strategi jitu untuk memunculkan sosok yang berdedikasi dan berperilaku baik di masa depan dengan perhitungan yang matang.
Jika mendengar kalimat Pendidikan Agama Islam maka sebagian besar berpendapat pengajaran bersifat konvensional yaitu ceramah. Seperti halnya dengan kegiatan kajian keagamaan umumnya, Pendidikan Agama Islam seakan tidak memiliki pola yang telah ditentukan sebelumnya. Nilai-nilai dalam pendidikan Agama Islam merupakan konsep dan penerapan. Nilai konsep biasanya memang disampaikan dengan mendengar ceramah guru. Jika siswa diberi kesempatan untuk menemukan konsep materi tersebut maka timbul minat untuk mengkajinya lebih dalam karena siswa merasa mampu untuk mengeksplorasi materi secara mendalam. Pembelajaran konsep diperlukan pengenalan yang cukup mengenai materi pelajaran melalui metode ceramah ini, tetapi banyak anggapan yang salah jika Pendidikan Agama Islam seperti halnya saat mendatangi pengajian umum biasa. Pendidikan Agama Islam dalam pengajaran sekolah yang mencakup konsep dan penerapan tersebut sebenarnya menjadi peluang yang baik bagi siswa untuk menjadi peneliti dengan menemukan hal-hal baru yang masih banyak sekali digali dari sumber utama pendidikan keagamaan mereka yaitu Al-Qur'an.
Siswa perlu mengetahui bahwa sumber belajar bukan hanya berasal dari guru yang mengajar saja. Buku yang mereka miliki jauh lebih besar pengaruhnya bagi pola pikir dan minat siswa agar terus mengembangkan ilmu yang baru diperolehnya. Ada baiknya, guru hanya menjadi rujukan bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan pokok masalah dan pembimbing pola-pola membaca suatu materi. Khususnya, siswa SMP kelas 7 masih memiliki kecenderungan mengkultuskan pembelajaran yang berasal dari ceramah yang disampaikan guru daripada konsep yang telah ditemukannya sendiri. Strategi membaca akan mengubah pola pikir siswa untuk tidak mendikotomikan antara informasi buku dan ceramah guru.
Pendidikan Agama Islam yang sebagian membahas tentang hal ketuhanan, jika guru tidak memiliki metode yang tepat bagi siswa akan menimbulkan lebih banyak kebingungan dan kerancuan pemahaman materi. Sehingga siswa dapat salah dalam aplikasi dikehidupan sehari-hari. Keabstrakan yang dimiliki pembelajaran Agama Islam memiliki tingkat kesulitan yang besar untuk "membumikan" konsep moral yang ada. Pemahaman pada dasar-dasar yang menjadi sumber pokok ajaran menjadi kebutuhan dan rujukan utama siswa agar sesuai dengan kemampuan ilustrasi yang dimiliki.
Visi dan misi pendidikan agama adalah terbentuknya sosok anak didik yang memiliki karakter, watak dan kepribadian dengan landasan iman dan ketakwaan serta nilai-nilai akhlak atau budi pekerti yang kokoh tercermin dalam keseluruhan sikap dan perilaku sehari-hari untuk selanjutnya memberi corak bagi pembentukan watak bangsa (Tim,Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2001a: v). Begitu besar peran pendidikan agama dalam penegakan budi pekerti yang luhur dalam kehidupan bangsa. Penentu masa depan anak bangsa dengan berlandaskan kekuatan karakter keagamaan yang membentuk watak yang akan menjadi ciri khas kehidupan yang luhur sehingga dapat mengangkat harkat diri dan bangsa yang mampu dan mau mengemban amanat yang dibebankan dengan penuh tanggung jawab.
Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani, bertaqwa dan berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Qur'an dan Hadist, melalui bimbingan, pengajaran, latihan serta penggunaan pengalaman (Dr.Dasim Budiansyah, 2003 :1).
Penyebab dari kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam membaca Huruf Hijaiyah. Pada setiap Standar Kompetensi yang ditetapkan dalam terdapat Kompetensi dasar memahami dan menerapkan konsep Dalil Naqili yang bersumber dari beberapa ayat Al-Qur'an. Kompetensi Dasar inilah yang menyebabkan siswa kurang memahami Pelajaran Agama Islam secara menyeluruh. Untuk itu perlu adanya perubahan dalam pola pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih memakai sistem konvensional menjadi strategi be ajar Pendidikan Agama yang lebih bermakna bagi siswa.
Strategi belajar PQ4R merupakan strategi salah satu strategi be ajar yang dapat membantu siswa untuk be ajar mengenal, memahami dan menerapkan pembelajaran Huruf Hijaiyah pada tingkat sekolah. Ini dimungkinkan karena Ilmu Tajwid yang mendasari pembelajaran Huruf Hijaiyah memiliki pola-pola khusus dan rumus-rumus tertentu yang harus dikuasai oleh siswa. Strategi belajar PQ4R membantu siswa dalam pembelajaran tersebut dengan tahapan-tahapan be ajar sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam belajar baik di kelas ataupun untuk pembelajaran mandiri.
Memfungsikan pendidikan sebagai salah satu wadah pengembangan potensi siswa menjadi sangat penting dengan mengingat banyaknya kebutuhan siswa dalam penguasaan materi dalam rangka mengembangkan pengetahuannya lebih lanjut. Dari latar belakang tersebut diatas, maka penulis akan menelaah mengenai :
"Penerapan Strategi Belajar PQ4R Untuk Peningkatan Minat Baca Al-Qur'an Dan Prestasi Siswa Di SMP X Kabupaten X (Penelitian Tindakan Kelas) ".

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dikaji sebagai berikut :
1. Kesulitan apa sajakah yang dihadapi siswa dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam ?
2. Apakah penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan minat baca Al-Qur'an siswa SMP X ?
3. Apakah penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan prestasi siswa SMP X ?

C. Tujuan penelitian
Adapun tujuan yang ingin penulis capai dalam penelitian ini adalah :
1. Mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
2. Mengetahui apakah penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan minat baca Al-Qur'an siswa SMP X
3. Mengetahui apakah penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan prestasi siswa SMP X

D. Manfaat Penelitian
1. Bagi para pengembang pengetahuan, penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
2. Bagi Para Guru, strategi belajar PQ4R menjadikan solusi bagi para guru mata pelajaran Agama Islam dalam menyampaikan isi materi pelajaran dan pentingnya minat baca Al-Qur'an dalam kelancaran pembahasan materi selanjutnya.
3. Bagi sekolah, strategi belajar PQ4R dapat dijadikan pertimbangan dalam pengelolaan pendekatan belajar pada siswa serta sebagai salah satu alternatif pengembangan kurikulum dan menganalisa media yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru.
4. Bagi siswa, dengan strategi belajar PQ4R ini siswa lebih mudah untuk memahami dan menerapkan isi materi serta mampu mengembangkan sendiri melalui pembelajaran mandiri yang diharapkan siswa menjadi seorang ahli dalam mengulas, memaknai, mendalami serta memiliki penafsiran yang sesuai dengan kaidah tata bahasa yang digunakan oleh Al-Qur'an.

TESIS PTK PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN FIQH ZAKAT

Posted: 16 Oct 2010 10:18 PM PDT


(KODE PTK-0012X) : TESIS PTK PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN FIQH ZAKAT (MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Sebagai salah satu rukun Islam, zakat telah dipelajari sepanjang sejarah Islam, baik dalam kitab-kitab kuning/klasik maupun dalam kitab-kitab yang baru dan lebih modern. Kitab-kitab klasik pada umumnya mempelajari zakat dalam bentuk pengertian (etimologis dan terminologis), dasar-dasar yang mewajibkanya, pihak-pihak yang memikul kewajiban, jenis-jenis harta yang wajib dizakati, syarat-syarat yang menyebabkan harta harus dikeluarkan zakatnya, dan golongan/siapa saja yang boleh dan berhak menerima zakat. Sementara dalam karya-karya modern, ulama mempunyai kecenderungan untuk melihat zakat sebagai salah satu bentuk solidaritas sosial melalui distribusi kekayaan untuk melakukan pemerataan dan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat miskin, sehingga zakat yang ditunaikan tidak hanya sebatas diberikan secara langsung kepada golongan yang berhak/boleh menerima tetapi lebih jauh dari itu bahwa zakat harus dikelola secara profesional agar betul-betul dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pemberdayaan ekonomi terutama masyarakat miskin.
Zakat adalah bagian harta benda yang dikeluarkan karena perintah Allah yang disebut bersama-sama dengan salat sebanyak 82 kali dalam al-Qur'an. Menurut Garaudy sebagaimana dikutip oleh A.R. Zainuddin, zakat bukanlah suatu karitas, bukan suatu kebaikan hati pihak/orang yang memberikannya, namun suatu bentuk keadilan internal yang terlembaga, yang diwajibkan, sehingga dengan rasa solidaritas yang bersumber dari keimanan itu orang dapat menaklukkan egoisme dan kerakusan dirinya. Boisard menyitir berbagai pendapat yang menyatakan bahwa zakat itu mensucikan manusia yang memberikannya, dengan kemampuan menundukkan egoisme atau mencapai kepuasan moral, karena ia telah berperan/ikut serta mendirikan sebuah masyarakat Islam yang lebih adil. Baginya zakat bukanlah suatu bukti belas kasihan, namun merupakan kewajiban orang kaya dan hak orang miskin. Zakat adalah penegasan kembali akan fenomena bahwa semua harta benda yang dimiliki oleh manusia pada hakekatnya adalah milik Tuhan, sedangkan manusia hanya memiliki hak guna saja. Karena itu zakat sesungguhnya adalah mengembalikan sebagian harta itu kepada pemiliknya yang sah (Tuhan), demi menghindarkan diri dari penderitaan yang akan ditimbulkan/diakibatkannya kelak di akhirat.
Berbagai hal yang berkaitan dengan zakat di atas sangat penting untuk disampaikan dan dipahami oleh siswa agar siswa memiliki pengetahuan dan pemahaman awal tentang kewajiban menunaikan zakat. Namun tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda, banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas, ditambah lagi dengan rumitnya materi terutama yang terkait dengan zakat mal yang meliputi jenis-jenis harta yang harus dikeluarkan zakatnya, syarat-syarat wajib zakat, syarat-syarat yeng menyebabkan harta harus dikeluarkan zakatnya, persentase zakat yang harus dikeluarkan, waktu jatuh tempo dikenakannya pembayaran zakat, dan golongan/siapa saja yang boleh dan berhak menerima zakat, yang semua materi tersebut harus sudah dituntaskan hanya dalam 4 jam pelajaran, maka pembelajaran tentang fiqh zakat diselenggarakan secara tidak optimal. Oleh karena itu diperlukan alat bantu berupa media pembelajaran yang dirancang sendiri oleh guru sesuai dengan kurikulum, tingkat kebutuhan, dan kemampuan siswa untuk digunakan dalam pembelajaran agar suasana pembelajaran zakat terasa segar dan menarik, dapat meningkatkan hasil belajar (pengetahuan dan pemahaman) serta betul-betul melekat dalam diri siswa.

B. Identifikasi dan Batasan Masalah
Hal-hal yang melatarbelakangi terhambatnya penguasaan siswa tentang zakat sangatlah kompleks. Hal ini terjadi karena banyak sekali kemungkinan-kemungkinan yang dianggap dapat menjadi penghambat atau menjadi penyebab tidak optimalnya pencapaian tujuan pembelajaran zakat. Kemungkinan-kemungkinan tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1. Materi yang harus dipahami oleh siswa sangat padat dan rumit
2. Tingkat kemampuan dan keragaman kecerdasan siswa dalam satu kelas berbeda-beda
3. Jumlah siswa dalam satu kelas terlalu banyak (45-55 siswa)
4. Media pembelajaran yang digunakan tidak/kurang memadai
5. Rendahnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas
6. Kurangnya penguasaan guru terhadap metode-metode pembelajaran
7. Performance guru rendah, sehingga siswa tidak memiliki interest untuk mengikuti pembelajaran di kelas
8. Jumlah pertemuan dalam kelas tidak sebanding dengan banyaknya tuntutan dalam materi pembelajaran
9. Suasana di sekitar kelas/lingkungan sekolah tidak/kurang mendukung.
Banyaknya kemungkinan yang dapat diidentifikasi sebagai masalah tersebut tentu akan menjadikan kita mengalami kesulitan dan kerumitan untuk menentukan masalah mana yang mendapat prioritas utama untuk dipecahkan. Selain itu tindakan yang diambil, terutama oleh guru, dalam mengatasi satu masalah/lebih tidak begitu saja dapat menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Namun demikian, guru harus tetap berupaya untuk mengatasi kemungkinan-kemungkinan yang dianggap sebagai masalah tersebut dengan memilih salah satu masalah yang akan dipecahkannya berdasarkan berbagai pertimbangan. Artinya, dalam memilih masalah yang akan dipecahkannya, guru harus dapat menghitung besar kecilnya manfaat yang akan diperoleh dalam pembelajaran, apakah tindakan yang dilakukannya juga akan membantu menekan hambatan-hambatan yang ada, atau apakah pilihannya cukup representatif dalam mengatasi masalah-masalah yang menghambat proses belajar siswa. Maka dalam hal ini perlu pembatasan masalah agar peneliti dapat lebih fokus dalam melakukan penelitiannya.
Penelitian ini dibatasi hanya pada tidak/kurang memadainya alat bantu media yang digunakan oleh guru melalui eksperimen penggunaan media grafis yang dirancang sendiri oleh guru. Pembatasan ini dinilai tepat karena kesemua faktor yang ada memang sudah seperti itu adanya dan guru mengalami kesulitan untuk melakukan perubahan terhadapnya.

C. Rumusan Masalah
Untuk mempermudah melaksanakan prosedur penelitian terhadap tidak optimalnya pembelajaran fiqh zakat melalui sebuah eksperimen pengunaan media grafis dalam pembelajaran, maka diperlukan adanya rumusan-rumusan masalah yang dinyatakan sebagai berikut:
1. Bagaimana respon anak didik terhadap penggunaan media grafis dalam pembelajaran fiqh zakat di MTs X?
2. Faktor-faktor apakah yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media grafis tersebut dalam pembelajaran?
3. Apakah penggunaan media grafis dalam pembelajaran fiqh zakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa?

D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah-masalah yang telah dirumuskan di atas, maka dapat ditentukan tujuan-tujuan yang akan dicapai dalam penelitian, yaitu:
1. Mengetahui bagaimana penggunaan media grafis dalam pembelajaran fiqh zakat di MTs X.
2. Mengetahui beberapa faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan media grafis tersebut dalam pembelajaran.
3. Mengetahui apakah penggunaan media grafis tersebut dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

E. Kegunaan Penelitian
Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang menjadi penghambat dalam pencapaian penguasaan siswa tentang zakat yang selama ini dihadapi oleh peneliti. Disamping itu penelitian ini juga bermanfaat untuk:
a. Bagi Siswa dan bagi Proses Pembelajaran
1. Meningkatkan kinerj a belaj ar siswa
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar dapat belajar secara mandiri
3. Memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat belajar diluar jam tatap muka
4. Meningkatkan hasil belajar siswa
5. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas
6. Meningkatkan kualitas penggunaan media, alat bantu belajar, dan sumber belajar
b. Bagi Guru
1. Membantu guru untuk mengoptimalkan pembelajaran melalui penggunaan alat bantu berupa media grafis
2. Memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada guru dalam mendesign pembelajaran di kelas
3. Memberikan motivasi kepada guru agar dapat merancang sendiri alat bantu/media yang dibutuhkannya dalam pembelajaran
4. Memberikan rangsangan (stimulus) kepada guru agar terus menerus berusaha meningkatkan kemampuan dirinya dalam menjalankan profesinya.
5. Meningkatkan kualitas penerapan kurikulum dan pengembangan kompetensi siswa di kelas.

F. Ruang Lingkup Penelitan
Penelitian ini dilakukan dalam ruang lingkup tertentu yaitu:
1. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII H pada Madrasah Tsanawiyah X.
2. Penelitian dilaksanakan pada proses pembelajaran fiqh zakat dengan menggunakan media grafis.
3. Media grafis yang digunakan sebagai alat bantu pembelajaran dalam penelitian ini adalah media gambar, diagram, bagan/chart, dan poster.

G. Definisi Operasional
Dalam penulisan tesis ini, ada beberapa istilah yang perlu didefinisikan dengan jelas agar diperoleh pemahaman yang baik terkait dengan maksud yang terkandung dalam judul penelitian, yaitu:
1. Media
Media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach & Ely, sebagaimana dikemukakan Arsyad, mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus, pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
2. Media Grafis
Webster mendefinisikan graphics sebagai seni atau ilmu menggambar, terutama penggambaran mekanik. Dalam pengertian media visual, istilah graphics atau graphic materials mempunyai arti yang lebih luas, bukan sekedar menggambar. Dalam bahasa Yunani, graphikos mengandung pengertian melukiskan atau menggambarkan garis-garis. Sebagai kata sifat, graphics diartikan sebagai penjelasan yang hidup, uraian yang kuat, atau penyajian yang efektif. Definisi tersebut kemudian dipadukan dengan pengertian praktis, maka grafis sebagai media, dapat mengkomunikasikan fakta-fakta dan gagasan-gagasan secara jelas dan kuat melalui perpaduan antara pengungkapan kata-kata dan gambar. Pengungkapan itu bisa berbentuk diagram, sket atau grafik. Kata-kata dan angka-angka dipergunakan sebagai judul dan penjelasan kepada grafik, diagram, bagan/chart, poster, kartun, dan komik. Sedangkan sket, gambar, dan lambang dipergunakan dalam media grafis untuk mengartikan fakta, pengertian, dan gagasan yang pada hakikatnya menjadi penyampai presentasi grafis. Jadi grafis meliputi berbagai bentuk visual terutama gambar.
Media grafis termasuk media visual. Saluran yang dipakai menyangkut penglihatan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Selain berfungsi secara umum sebagai penyalur pesan dari sumber kepada penerima pesan, media grafis secara khusus berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan.
3. Pembelajaran
Pembelajaran berasal dari kata belajar yang artinya berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu pengetahuan, berlatih, atau berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Sedangkan pembelajaran adalah proses, cara, atau perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.
Berkaitan dengan pengertian belajar tersebut, Walker seperti dikutip oleh Alex Sobur merumuskan dengan singkat bahwa belajar adalah perubahan perbuatan sebagai akibat dari pengalaman. Definisi yang sederhana ini tampaknya mencakup segala sesuatu yang diinginkan dalam belajar. Kata "perubahan perbuatan" berbeda dengan "perbaikan perbuatan" yang lebih banyak digunakan, karena dalam belajar seseorang dapat memperoleh kebiasaan-kebiasaan yang baik maupun kebiasaan-kebiasaan yang buruk. C.T. Morgan mendefinisikan belajar sebagai suatu perbuatan yang relatif menetap dalam tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu.
Pengertian belajar memang selalu berkaiatan dengan perubahan, baik yang meliputi keseluruhan tingkah laku atau yang meliputi sebagian aspek dari kepribadian individu. Belajar dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan dalam keadaan bagaimana saja.
Namun secara khusus dalam pembahasan kali ini, belajar yang dalam prosesnya disebut dengan pembelajaran ini dimaksudkan sebagai proses memperoleh kepandaian atau ilmu pengetahuan, berlatih, atau berubahnya tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman yang berlangsung dalam kelas yang bahan pembelajarannya sudah ditentukan dalam kurikulum.
4. Zakat
Zakat adalah bagian harta benda yang dikeluarkan dari harta kita karena perintah Allah. Ia merupakan hak orang lain yang penunaian kewajibannya dapat mensucikan diri/jiwa dan harta benda umat Islam sebagaimana firman Allah:
"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka. "10
Membayar zakat tidak akan membuat harta kita berkurang, namun sebaliknya bahwa penunaiannya akan membawa berkah dalam harta yang kita miliki dan kehidupan yang kita jalani. Hal ini sesuai dengan pengertian etimogisnya bahwa zakat berarti berkah, tumbuh, bersih, baik, dan bertambah.11 Zakat terdiri dari dua jenis, zakat fitrah dan zakat mal.

H. Studi Penelitian Terdahulu
Penelitian ini sengaja dilakukan untuk dapat melihat apakah penggunaan media grafis dapat mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan penguasaan (pengetahuan dan pemahaman) siswa tentang fiqh zakat. Dalam penelitian-penelitian terdahulu, peneliti belum pernah menjumpai penelitian yang secara khusus dilakukan terhadap pembelajaran fiqh zakat dengan alat bantu media grafis. Penelitian-penelitian terkait dengan pengunanaan media yang ditemukan peneliti adalah Peran Media Televisi Edukasi Dalam Proses Pembelajaran. Sedangkan penelitian tentang penggunaan media grafis dalam Pembelajaran Agama Islam (PAI) yang ditemukan adalah Pengaruh Media Grafis terhadap Keberhasilan Proses Belajar Mengajar PAI di SDN Kebomlati Plumpang Tuban, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Gambar terhadap Pemahaman Siswa Kelas III F pada Mata Pelajaran PAI di SD Muhammmadiyah Pucang Surabaya, dan Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Gambar terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran PAI di SDN Kapasari X/301 Surabaya. Namun penelitian-penelitian tersebut merupakan penelitian kuantitatif, bukan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sedangkan Penelitian Tindakan Kelas yang sudah dilakukan kebanyakan adalah tentang penerapan metode pembelajaran seperti Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pembelajaran Koperatif Model Jigsaw. Oleh karena itu peneliti meyakini bahwa Penelitian Tindakan Kelas tentang Penggunaan Media Grafis dalam Pembelajaran Fiqh Zakat ini belum pernah dilakukan oleh peneliti lain.

I. Sistematika Pembahasan
Penelitian ini akan dilakukan dengan sistematika pembahasan sebagai berikut:
Bab I merupakan Pendahuluan yang membahas tentang Latar Belakang Masalah, Identifikasi dan Batasan Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Kegunaan penelitian, Ruang Lingkup Penelitian, Definisis Operasional, Studi Penelitian Terdahulu, dan Sistematika Pembahasan.
Bab II berisi tentang Kajian Pustaka. Bab ini terdiri dari Media Pendidikan, Ciri-ciri Media Pendidikan, Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi, Kegunaan Media Pendidikan dalam Pembelajaran, Karakteristik Media Grafis, Landasan Teoritis Penggunaan Media Grafis, Pengembangan Media, dan Pemanfaatan Program Madia.
Bab III membahas tentang Metodologi Penelitian yang terdiri Jenis Penelitian, Setting Penelitian, Sasaran Penelitian, Instrumen Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Rencana Tindakan, Data dan Teknik Penggaliannya, Analisis Data, dan Keabsahan Data.
Sementara itu Bab IV menjelaskan Paparan Data yang berisi tentang Data Pra Tindakan, Data Ketika Dilakukan Tindakan, Interaksi Subyek Ketika Dilakukan Tindakan, dan Hasil Evaluasi.
Sedangkan Bab V merupakan Pembahasan yang menjelaskan Aktivitas Subyek dalam Pembelajaran dan Bentuk Tugas, Interaksi Subyek, dan Prestasi Belajar. Pada bab terakhir yaitu Bab VI penulisan tesis yang diisi Penutup. Bab ini memberikan Kesimpulan dan Saran terhadap penelitian yang dilakukan.

Related Posts



0 komentar:

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template