THEORY OF PLANNED | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

THEORY OF PLANNED

THEORY OF PLANNED BEHAVIOR
AJZEN
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Theory of Planed Behavior (Teori Tingkah Laku yang direncanakan) diperkenalkan Ajzen (1985,1987), teori ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari teori sebelumnya yaitu reasoned action (tindakan beralasan). Teori ini menambahkan sebuah konstruk yaitu perceived behavior control atau control perilaku yang dipersepsi. Teori tingkah laku yang terencanakan adalah banyak perilaku tidak semuanya dibawah kontrol penuh individual sehingga perlu ditambahkan konsep kontrol perilaku yang dipersepsi.

Teori ini mengansumsi bahwa kontrol perilaku yang dipersepsi mempunyai implikasi motivisional terhadap minat-minat., selain itu adanya hubungan antara perilaku yang dipersepsi dengan perilaku. Suatu perilaku tidak ditentukan oleh sikap dan norma subjektif semata, tetapi juga terdapat pada persepsi individu dan kenyakinan kontrol tersebut. Ajzen juga menambahakan faktor latar belakang pada teori ini.

B. MODEL THE PLAN OF BEHAVIOR


1. Background Factors (Latar Belakang)
Latar belakang atau Bacground Factors disini meliputi usia, jenis kelamin, suku, status social ekonomi, mood (suasana hati), sifat kepribadian, dan pengetahuannya dapat mempengarihi perilakunya. Disini dia memasukkan tiga faktor latar belakang, yakni Personal, Sosial, dan Informasi. Faktor personal adalah sikap umum seseorang terhadap sesuatu, sifat kepribadian (personality traits), nilai hidup (values), emosi dan kecerdasan yang dimilikinya. Faktor Sosial antara lain adalah usia, jenis kelamin, etnis, pendidikan dan agama. Faktor Informasi adalah pengalaman, pengetahuan dan ekspose pada media.

2. Behavioral Belief (Kenyakinan Perilaku)
Kepercayaan dari seseorang individu tentang konsekuensi dari perilaku tertentu. Konsep ini didasarkan pada kemungkinan subjektif bahwa perilaku akan menghasikan suatu hasil.

3. Attitude Toward Behavior (Sikap Terhadap Perilaku)
Penilaian positif atau negative dari perilaku tertentu. Hal ini ditentukan oleh hubungan kepercayaan terhadap perilaku dengan hasil dari berbagai perilaku dan sifat lainnya.

4. Normatif Bellief (Kenyakinan Normatif)
Disini adalah faktor lingkungan social yang berpengaruh terhadap individu, dan dapat mempengaruhi keputusannya.

5. Subjective Norm (Norma Subjective)
Sejauh mana seseorang memiliki motivasi untuk mengikuti pandangan orang terhadap perilaku yang akan dilakukannya (Normative Belief). Fishbein & Ajzen (1975) menggunakan istilah motivation to comply untuk menggambarkan fenomena ini, yaitu apakah individu mematuhi pandangan orang lain yang berpengaruh dalam hidupnya atau tidak.

6. Kepercayaan Kontrol (Control Beliefs)
Kepercayaan dari seorang individu tentang adanya faktor yang dapat memfasilitasi atau menghalangi kinerja dari perilaku (Ajzen, 2001). Konsep kontrol terhadap perilaku yang konseptual berkaitan dengan kemanjuran sendiri.

7. Kontrol Perilaku yang Dipersepsi (Perceived Behavioral Control)
Individu yang dianggap memudahkan atau menghambat untuk melakukan perilaku tertentu (Ajzen, 1988). Hal ini diasumsikan bahwa kontrol perilaku yang dipersepsi ditentukan oleh total set yang diperoleh dari kepercayaan kontrol.

8. Niat untuk melakukan perilaku (Intention)
Kecenderungan seseorang untuk memilih melakukan atau tidak melakukan sesuatu pekerjaan. Niat ini ditentukan oleh sejauh mana individu memiliki sikap positif pada perilaku tertentu, dan sejauh mana bila dia memilih untuk melakukan perilaku tertentu itu dia mendapat dukungan dari orang-orang lain yang berpengaruh dalam kehidupannya.

9. Behavior (Perilaku)
Kata seorang Ajzen, perilaku adalah fungsi dari niat yang kompatibel dan tanggapan dari perilaku dalam kontrol perilaku yang dipersepsi. Diharapkan efek moderat pada niat perilaku, yaitu niat baik menghasilkan perilaku hanya ketika kontrol perilaku yang dipersepsi kuat.

10. Kendali Tingkah Laku Nyata (Actual Behavioral)
Segala hal yang secara actual tersedia dalam membentuk kontrol perilaku dan perilaku itu sendiri, seperti dukungan dari orang lain, uang, keahlian, waktu, dan lain sebagainya.

Share


Related Posts



1 komentar:

Anonymous said...

mav sblmnya, mau tanya ini nama penulisnya sp? cz mw buat daftar pustaka. terimakasih

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template