Sejarah Bahasa Indonesia | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

Sejarah Bahasa Indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia

Pendahuluan

Setiap paragraf memiliki arti penting tentang sejarah, perkembangan, maupun penggunaan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia hampir digunakan disemua kalangan masyarakat, namun masih ada kalangan ibu-ibu yang tidak menggunakan bahasa Indonesia tetapi lebih terbiasa menggunakan bahasa Daerah.

Dalam karya ilmiah ini kita dapat mengupas sejarah Bahasa Indonesia yang kini merupakan bahasa resmi dan bahasa Persatuan Negara Indonesia yang diakui oleh masyarakat. Apakah bahasa Indonesia itu? Mari kita bahas apa pengertian bahasa Indonesia sebagaimana disebutkan dalam UUD RI 1945, pasal 36. Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia.

Sejarah Bahasa Indonesia

Pembahasan

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan Negara Indonesia yang telah diresmikan pada hari setelah dikumandangkannya proklamasi. Tidak semua warga Indonesia memakai Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, meskipun hampir seluruh rakyat menggunakan bahasa Indonesia namun pada kalangan ibu-ibu menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa keseharian.

Asala mula bahasa Indonesia berasal dari varian bahasa Melayu. Pada awal abad ke 20 perpecahan dalam bentuk baku tulisan bahasa Melayu mulai terlihat, yang kemudian bahasa Indonesia berkembang dan digunakan sangat luas di perguruan tinggi, media elektronika maupun media cetak, surat menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya.

Tata bahasa dari bahasa Indonesia cukuplan mudah, sehingga dalam mempelajari tidak membutuhkan waktu yang lama hanya butuh pemahaman dan ketelitian dalam aspek bahasa Indonesia khususnya memahami bacaan. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa yang digunakan dalam pendidikan di Indonesia.

Menurut sejarahnya, Bahasa Indonesia termasuk salah satu dialog Temporal dari Bahasa Melayu yang struktur bahasanya masih sama seperti bahasa Melayu Klasik dan Melayu Kuno. Bahasa Indonesia juga digunakan pada hari Sumpah Pemuda. Kemudian diakui sebagai Bahasa Resmi pada tanggal 18 Agustus 1945.


PENUTUP

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan suatu varian bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau.




Share

Related Posts



0 komentar:

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template