SISTEM INFORMASI | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

SISTEM INFORMASI

SISTEM INFORMASI KREDIT PADA PERUM
PEGADAIAN CABANG UNGARAN

Laporan ini disusun guna untuk memenuhi salah satu syarat
untuk menyelesaikan program pendidikan Strata 1 pada Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Dian Nuswantoro Semarang

DAFTAR PUSTAKA

Alan, Agus, Manajemen Data Base Dengan Microsoft Visual Basic Versi 6.0,Elex Multimedia Komputindo, Jakarta, 2001.
Anonymous, Diktat Pegadaian Operasional Perum Pegadaian^ Perom Pegadaian, 2002
Anonymous, Program Visual Basic 6.0, Wahana Komputer Semarang. Audi, Yogyakarta, 2002.
HM, Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem Informasi, Audi Offset, Yogyakarta, 2005.
Kristanto, Harianto, Konsep dan Penerangan Database, Audi, Yogyakarta, 1999.
Kurniadi, Adi, Microsoft Visual Basic 6.0, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2000.
Marzuki, Metodologi R iset, BPFE UII, Yogyakarta, 2001.
Mc Leod, Raymond, Sistem Informasi Manajemen, Prenhallindo, Jakarta, 2001.
Yuswanto, Pemprogaman Dasar Visual Basic. 6.0, Prestasi Pustaka, Surabaya, 2003.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Pada masa sekarang ini, kebutuhan informasi berbasis komputer merupakan kebutuhan vital bagi perusahaan. Dalam hal ini komputer berperan sangat penting yaitu sebagai alat bantu utama dalam proses pencatatan dan pengolahan yang intinya dapat menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Informasi yang cepat, tepat dan akurat merupakan modal utama bagi suatu perusahaan atau informasi dalam menentukan langkah-langkah guna peningkatan dan pengembangan perusahaan itu sendiri dimasa yang akan datang.

Demikian pula umum pegadaian, pegadaian merupakan salah satu soko guru perekonomian nasional yang diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan usaha pemerataan pembangunan, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, sangat membantu program pengentasan kemiskinan, terutama pada masa sekarang ini. Kredit dengan sistem gadai dirasa sangat sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia dan merupakan alternatif ideal terutama bagi golongan menengah kebawah. Untuk itu pegadaian dituntut lebih profesional dalam memberikan jasa pelayanan kepada nasabah yang kian meningkat jumlahnya, dengan dukungan suatu sistem informasi yang baik. Perum Pegadaian khususnya Cabang Ungaran menawarkan jasa pelayanan yang diantaranya adalah pemberian kredit dengan tanpa meninggalkan ciri khusus dan misinya yaitu penyaluran pinjaman atau kredit atas dasar hukum gadai. Dalam pemberian jasa tersebut tidak lepas dari aktivitas pencatatan dan pengolahan data. Data diolah meliputi data-data pemberian dan pelunasan kredit yang tentunya melibatkan dokumen-dokumen yang penting khususnya bagi nasabah sendiri maupun bagi Perum Pegadaian guna proses pengolahan data. Hal ini menjadi masalah karena pihak Pegadaian khususnya Cabang Ungaran harus menangani sekian banyak data baik data nasabah sendiri beserta barang yang dijadikan agunan sampai tranksaksi yang dilakukan dan kemudian memprosesnya secara berulang-ulang sampai menjadi laporan, sehingga apabila masih mengunakan cara konfensional atau manual tentu akan memakan waktu yang lama dan kemungkinan kesalahan relatif tinggi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, pada penyusunan skripsi ini penulis mengambil judul " Sistem Informasi Kredit Pada Perum Pegadaian Cabang Ungaran ".

1.2. Perumusan Masalah
Permasalahan yang muncul di perum Pegadaian Cabang Ungaran adalah semakin kompleknya jenis pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang singkat, meliputi proses pegadaian barang pinjaman, taksiran nilai barang, tebusan serta pengambilan barang, semua kegiatan ini memerlukan/kecepatan, ketelitian. Bertolak dari masalah tersebut penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:

Bagaimana merancang sistem informasi kredit, sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan efektifitas kerja di Perum Pegadaian Cabang Ungaran dalam bidang pemberian dan pelunasan kredit.

1.3. Pembatasan Masalah
Mengingat banyaknya masalah yang dihadapi oleh perum pegadaiaan serta terbatasnya waktu, maka penulis membatasi permasalahan hanya pada sistem kredit pada Perum Pegadaian Cabang Ungaran, yang meliputi:

1. Prosedur pemberian kredit atau prosedur pegadaian barang.
2. Prosedur pelunasan kredit atau prosedur penebusan barang.

Related Posts



3 komentar:

Anonymous said...

sistem informasi | teknik informatika | pemprograman

ade on April 23, 2009 at 5:27 PM said...

sistem informasi | teknik informatika | pemprograman

sang pendekar on November 16, 2009 at 5:57 PM said...

terima kasih untuk artikelnya. pas banget, ane lagi nyari-nyari untuk bahan kuliah.

oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template