Tatacara Pelaksanaan Shalat Jama'ah | TUGAS KAMPUS

Forum MT5 (1 Post = 0.2$ )

Tatacara Pelaksanaan Shalat Jama'ah



Aturan dan tatacara yang harus diperhatikan di dalam pelaksanaan shalat jama'ah bisa diuraikan sebagai berikut:

1. Adzan dan Iqamah
Adzan adalah pemberitahuan atau pengumuman tentang masuknya waktu shalat, sebagai undangan kepada kaum Muslim agar melaksanakan shalat, baik di rumah masing-masing, atau lebih utama lagi bershalat jama'ah di masjid. Oleh karena itu, adzan termasuk salah satu syiar Islam, yang oleh sebagian ulama digolongkan dalam hukum sunnah, dan sebagian yang lain menganggapnya sebagai fardlu kifayah.

Dalam susunan teks adzan tercakup beberapa persoalan akidah yang amat prinsipil. Antara lain, kesaksian tentang kebesaran Allah SWT, ikrar tentang tiadanya tuhan selain Allah dan tentang kerasulan Muhammad SAW. Setelah itu, ajakan untuk memenuhi perintah Allah SWT berkenaan dengan shalat, serta pengamalan nilai-nilai etika dan moral keislaman yang pasti akan mendatangkan keberhasilan, kebahagian dan kemenangan (falah).

Adzan dan iqamah hanya khusus untuk shalat-shalat fardlu, tidak untuk shalat-shalat sunnah, seperti shalat 'Id (hari raya), shalat tarawih, shalat jenazah dan sebagainya.

Disunnahkan bagi yang mendengar adzan untuk menirukan kata-kata yang diucapkan oleh muadzin; kecuali ketika muadzin mengucapkan hayya 'alash-shalat dan hayya 'alal falah, maka orang yang mendengar ucapan itu menjawab: la haula wa la quwwata illa billah. Atau ketika muadzin dalam adzan subuh mengucapkan "ash-shalat khairun minan-naum", maka orang yang mendengarnya hendaklah menjawab "bala wa ana minasy-syabidin".

Semua ini disebabkan, ketika muadzin mengucapkan kalimat-kalimat ikrar maka pendengar menyatakan kesetujuannya atas apa yang diucapkan muadzin. Akan tetapi, ketika ucapan muadzin berupa ajakan (untuk melaksanakan shalat dan berusaha mencapai kebahagiaan) maka jawaban yang tepat adalah pernyataan bahwa setiap pekerjaan dapat terlaksana hanya atas pertolongan dan perkenan Allah SWT.

2. Adab mendatangi shalat jama'ah
Bagi orang yang akan menghadiri shalat jama'ah, pertama-tama hendaknya dia mengikhlaskan niat semata-mata karena Allah SWT, kemudian bersuci terlebih dahulu secara sempurna, karena Allah menyukai orang yang keluar rumah menuju masjid (untuk shalat) dalam keadaan suci, sebagaimana firman Allah SWT:
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri". (QS. Al-Baqarah: 222)

Memakai wangi-wangian yang sewajarnya dan tidak berlebihan, serta menghilangkan bau mulut (dengan siwak atau menggosok gigi) juga merupakan hal-hal yang sunnah untuk dilakukan, mengingat di masjid dia akan berkumpul dengan orang banyak.

Sementara itu, pakaian yang dipakai juga harus bersih, dan kalau memungkinkan dipilih yang bagus, karena Islam menganjurkan pemeluknya agar tidak mengabaikan penampilan fisiknya. Allah SWT telah berfirman:
"Wahai manusia, pakailah pakaianmu yans indah di setiap (memasuki) masjid". (QS. Al-A'raf: 31)

Orang yang melakukan shalat jama'ah, lebih baik memakai pakaian polos atau yang bermotif sederhana, dan tidak memakai pakaian atau kaos yang ada tulisannya atau bergambar macam-macam, karena hal tersebut akan mengganggu kekhusyu'an jama'ah lain/ketika shalat tengah dilaksanakan. Selanjutnya, dianjurkan bagi orang yang pergi berjama'ah ke masjid untuk berjalan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa karena perjalanannya ke masjid sudah dihitung sebagai bagian dari shalat. Oleh karena itu, begitu mendengar panggilan adzan sebaiknya ia segera mempersiapkan diri.

Dari Ka'ab bin Ujrah r.a. bahwa Nabi SAW telah bersabda : "Apabila salah seorang di antara kamu berwudlu di rumahnya, kemudian keluar menuju masjid, maka dia (dianggap) dalam kondisi shalat" (HR. Abu Dawud).

Hadits Nabi SAW dari Abu Hurairah : "Jika kamu mendengar suara iqamah, maka pergilah sembahyang dan jagalah agar selalu perlahan-lahan dan selalu tenang jangan tergesa-gesa; lakukanlah.

Relasi Link:

Filsafat dan Hikmah Thaharah  
Hikmah Thaharah
Dasar Thaharah 



Share


Related Posts



0 komentar:

Cari Skripsi | Artikel | Makalah | Panduan Bisnis Internet Disini

Custom Search
 

Mybloglog

blogcatalog

Alphainventions.com

Followers

TUGAS KAMPUS Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template